Selasa, 05 Januari 2010

Modifikasi System Booting

Booting
Booting merupakan proses loading komputer dari anda menekan tombol power CPU sampai dengan komputer anda menampilkan halaman logon. Booting sendiri artinya adalah "mengisi daya". Jadi dengan kata lain booting adalah waktu tunggu dari komputer untuk mengisi daya sampai komputer tersebut siap untuk digunakan.

Anda dapat melakukan modifikasi-modifikasi pada proses booting ini diantaranya mengganti bootscreen, membuat pesan pembuka, membuat halamat log on dsb.

Mengganti Boot Screen
Boot screen adalah layar pembuka menjelang log on ditampilkan
Ada 2 cara yang bisa anda lakukan untuk memodifikasi penampilan boot screen, dan tentunya dengan gambar kreasi anda sendiri.

Perhatian:
Boot screen adalah system yang terintregrasi dalam system ini windows, memodifikasi bootscreen dapat mengakibatkan windows menjadi crash, sebaiknya backup semua data penting anda dan buatlah restore point serbelum melakukan modifikasi.

modifikasi bootscreen dengan tool resource hacker
Tool resource hacker merupakn sebuah software gratis (freeware) yang dapat anda download langsung dari internet. Walaupun gratis, software in mempunyai kemampuan yang handal dan banyak digunakan oleh ahli-ahli komputer.

Tool ini dapat membuka file-file yang tidak dapat dibuka oleh program-program biasa, seperti file dengan ekstensi .dll, .exe dsb. Tool ini sangat membantu dalam melakukan modifikasi-modifikasi yang dilakukan pada system operasi windows. Simpan baik-baik tool ini karena tool ini masih akan digunakan pada modifikasi-modifikasi kita selanjutnya.

Untuk mengubah tampilan boot screen menggunakan program resource hacker ikutilah langkah-langkah berikut ini:
  1. Instalasi tool resource hacker yang sudah tersedia didalam CD kedalam PC anda.
  2. Cari file ntoskrnl.exe yang terletak pada folder windows/system32.
  3. Copy dan paste file ntoskrnl.exe kemudian ganti nama file copyan tadi menjadi boot_baru.exe (Anda dapat mengganti namanya sesuai dengan keinginan anda).
  4. Sebelun anda membuat boot screen dengan tool resource hacker, sebaiknya anda persiapkan terlebih dahulu gambar atau image yang akan anda gunakan sebagai boot screen.
  5. Buka program pengolah gambar yang bisaanda gunakan seperti paint, phothoshop dsb untuk membuat desain boot screen. Saya menggunakan adobe phothoshop CS. Anda juga bisa menggunakan foto anda sebagai boot screen.
  6. Perlu anda ketahui bahwa layar boot screen hanya bisa menampilkan gambar dengan format bitmap (bmp) 16 warna. Untuk itu jika image, foto, atau gambar anda mempunyai format gambar yang berbeda seperti jpeg,png dsb, konversikanlah kedalam format bmp 16 warna. Caranya: Gunakan adobe photoshop (atau program pengolah gambar lain yang anda sukai) untuk membuka image, foto atau gambar yang akan anda convert melalui menu file -> open. Setelah gambar anda ditampilkan oleh jendela photoshop klik menu file -> save as atau anda dapat menekan tombol shift+ctrl+s pada keyboard anda. Tulis nama file misal "boot_image" kemudian pada tab format pilih jenis file BMP klik save. Kemudian akan muncul menu pop up BMP option, pilih file format-windows dan depth 16 bit lalu klik OK, Nah sekarang anda sudah memiliki bahan untuk boot screen kreasi anda.
  7. Jalankanlah program resource hacker yang telah anda install kemudian klik menu file -> open. Cari file boot_baru.exe (atau nama file yang anda buat dari copyan file ntoskernel tadi). Klik open maka jendela resource hacker akan menampilkan elemen-elemen gambar default boot screen anda.
  8. Langkah selanjutnya pilih bitmap -> 1 -> 1033, kemudian klik kanan menu 1033 dan pilih menu replace resource. Setelah anda mengklik menu replace resource, akan muncul menu pop up replace bitmap. Pada tab select bitmap to replace pilihlah angka1,2,3, dst untuk menentukan elemen gambar mana yang anda ganti atau anda edit.
  9. Setelah anda memilih elemen gambar yang akan anda edit, klik open file with new bitmap...yang terletak disudut kiri atas, kemudian cari file gambar, image foto yang akan anda gunakan sebagai bootscreen (yang telah dikonversikan kedalam format BMP 16 warna tentunya). Klik open kemudian klik tab replace.
  10. Lakukan carayang sama pada elemen-elemen gambar yang lain (yang ingin anda edit).
  11. Setelah anda puas mengedit gambar klik tab close yang terletak disudut kanan bawah.
  12. Klik menu file -> save kemudian tutup program resource hacker.
  13. Langkah selanjutnya adalah melakukan manipulasi agar boot screen yang anda buat bisa ditampilkan saat komputer anda booting, caranya:
Klik kanan my komputer yang ada di start menu, pilih properties sehingga muncul jendela pop up system properties yang menampilkan info tentang yang bekerja pada komputer anda, klik tab advance, cari tulisan startup & recovery kemudian klik tab setting yang ada didalam kotak startup & recovery.

Klik tombol edit untuk membuka file boot ini. Copy teks command baris start untuk default boot screen pada windows XP yang terletak dibawah teks [operating systems], kemudian paste pada baris berikutnya dan tambahkan paramenter berikut ini kernel=boot_baru.exe.

keterangan:
Copy tulisan multi(0) rdisk(0) partition(1) / WINDOWS = "Microsoft Windows XP Professional" / noexecute-optin /fastdetect /tutag=KDNLGB lalu pastikan pada baris dibawahnya dan tambahkan tulisan /kernel=boot_baru.exe diakhiri teks.

Simpanlah file boot ini yang telah dimodifikasi dan tutuplah notepad. Selanjutnya restarlah komputer anda. Pada saat booting anda akan diberikan 2 pilihan booting (menu boot), pertama booting dengan default boot screen dan kedua bootingdengan boot screen yang telah anda modifikasi tadi. Pilihlah boot screen yang telah anda modifikasi untuk melihat hasilnya.

Untuk booting-booting selanjutnya anda akan tetap mendapatkan menu boot yang akan memberikan anda 2 pilihan boot screen yang telah dijelaskan diatas. Jika anda tidak menghendaki adanya menu boot ini, anda dapat menghilangkanya dengan cara:

Klik kanan My Computer -> properties -> advanced -> startup & recovery -> setting -> pilih boot screen yang akan anda gunakan pada kotak pull down "Default operating systems". Hilangkan checlist pada kotak "time to display list of operating system" dan recovery options when needed" "time to display.

Dalam menu pulldown terdapat 2 oilihan boot screen, pilihan pertama merupakan default boot screen sedangkan pilihan kedua merupakan boot screen yang telah anda modifikasi.

1 komentar: