Selasa, 05 Januari 2010

Dasar-Dasar Perangkat Lunak Desain Grafis

Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih,menciptakan,atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi,foto,tulisan,dan garis diatas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.

A. Mengenal program desain grafis
1. Pengertian tentang desain grafis
  • Menurut suyanto desain grafis didefinisikan sebagai "aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri." aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk,menciptakan identitas visual untuk institusi,produk dan perusahaan,dan lingkungan grafis,desain informasi,dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
  • sedangkan jessica helfand mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar,angka-angka dan grafik,foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini,sehingga mereka dapat mengghasilkan sesuatu yang khusus sangat berguna,mengejutkan atau subversif,atau sesuatu yang mudah diingat.
  • warren dalam suyanto memakai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual. dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan.
Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. seperti jenis komunikasi lainnya,desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan (mendesain) ataupun produk yang di hasilkan.

2.peralatan desain grafis
peralatan yang di gunakan oleh desainer grafis adalah akal,mata,tangan,alat-alat tradisional (seperti pensil atau tinta) dan komputer.sebuah konsep atau ide biasanya tidak di anggap sebagai sebuah desain sebelim direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.bagaimanapun alat yang paling penting dan paling diperlukan dalam desain adalah akal.pikiran yang kritis,observasional,kuantitif,dan analitik juga dibutuhkan untuk merancang dan merealisasikan ide tersebut.
pada pertengahan 1980,hadirnya desktop publissing dengan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya merupakan kerja yang susah payah.
ada perdebatan mengenai apakah komputer meningkatkan proses kreatif dalam desain grafis.produksi yang cepat dalam komputer memungkinkan para perancang grafis untuk mengekplorasi banyak ide secara cepat dan lebih detail dari yang bisa dicapai dengan kerja goresan tangan atau potong tempel pada kertas.akan tetapi dihadapkan pada pilihan yang tak terbatas semacam ini kadangkala tidak menghasilkan solusi desain yang terbaik.

3.program pengolah grafis
  • aplikasi pengolah tata letak (layout) program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur,pamflet,booklet,poster dan yang sejenis.
  • aplikasi pengolah vektor atau grafis, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat di gunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustator program.
  • aplikasi pengolah pixel/gambar, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat di manfaatkan untuk mengolah gambar atau manipulasi foto(photo retouching)
  • aplikasi pengolah film /radio,program yang termasuk dalam kelompok ini dapat di manfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format.
  • aplikasi pengolah multimedia, program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk multimedia.biasanya berisi promosi,profil perusahaan,maupun yang sejenis yang dikemas dalam bentuk CD maupun DVD.
4.bitmap vektor dalam desain grafis
di bidang image processing raster dan vektor adalah 2 istilah berbeda tapi saling mendukung.raster adalah kumpulan titik yang mempunyai jarak teratur ataau juga di sebut bitmap.bitmap merupakan pemetaan suatu titik berdasarkan koordinat 2 dimensi.sedangkan vektor adalah( garis dengan panjang dan arah tertentu) pengalamatannya berdasarkan persamaan matematika.misalnya kita ingin membuat suatu bidang lingkaran dengan warna hitam yang kalau dengan bitmap akan memetakan dengan kumpulan titik-titik hitan sehingga berbentuk bulat,sedangkan file vektor akan membuat suatu persamaan x2+y2=r2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar